Kamis, 03 Maret 2016

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS : DAGANG SEMBAKO

9:42:00 PM Posted by Unknown No comments


KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS :
DAGANG SEMBAKO


DI SUSUN OLEH :
TRIO KRISTIAN DAMANIK

NIM                :  15.12.8479
KELAS           :  15- S1 SI - 02
JURUSAN      :  S1 – SISTEM INFORMASI

JURUSAN S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016

Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208,

BAB I
ABSTRAK
Tujuan saya membuat karya ilmiah ini adalah untuk memberikan aspirasi kepada masyarakat indonesia khususnya anak – anak muda entrepreneur generasi pengubah bangsa berikutnya. Karena dengan kondisi Ekonomi Indonesia yang sekarang tidak stabil membuat banyaknya pengangguran semakin bertambah, bahkan berdasarkan hasil laporan BPS di Indonesia pada Agustus 2015 adalah sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,24 juta jiwa. Dengan adanya seorang entrepreneur diharapkan dapat membuat sebuah lapangan pekerjaan agar dapat mengurangi angka pengangguran tinggi di Indonesia.
Salah satu jenis bisnis yang menjanjikan adalah Bisnis Berdagang Sembako. Karena dengan kebutuhan hidup yang semakin tinggi maka seseorang membutuhkan cara yang cepat dan praktis untuk mendapatkan kebutuhan tersebut sekalipun nilai/harga kebutuhan itu lebih tinggi dari harga normalnya. Dengan adanya sebuah kesenjangan tersebut maka bisa dijadikan kesempatan bagi entrepreneur muda untuk dapat bisnis berdagang sembako tersebut. 




BAB II
PEMBAHASAN
Sekalipun bisnis berdagang sembako merupakan bisnis alternative dari bisnis utama yang telah ditentukan seseorang jika gagal namun bisnis merupakan bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Bisnis dimulai dari yang bermodalkan sedikit hingga dengan bermodalkan besar.
Dalam usaha bisnis sembako ini sangat dibutuhkan kreatifitas yang baik agar produk yang ditawarkan berbeda dengan yang lainnya sehingga membuat bisnis sembako ini sukses atau minimal dapat menghasilkan pemasukan yang tetap.
Agar dapat menjadi seorang pengusaha sembako yang sukses, maka ada baiknya hal – hal berikut ini bisa dijadikan bahan pelajaran dan refrensi agar usaha tersebut dapat terus berkembang dan sukses :
1.      Sembako merupakan kebutuhan
ini yang merupakan menjadi poin penting sekaligus motivasi bagi para pengusaha sembako, sembako adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Yang menjadi masalahnya adalah dengan adanya poin penting ini apakah kita mampu menawarkan barang yang menarik kepada pelanggan, maksudnya apakah barang kita tawarkan memilikinilai jual yang tinggi sehingga pelanggan tersebut tertarik untuk membelinya.

2.      Tempat Strategis
Hal yang paling penting jika memulai usaha berdagang adalah pemilihan tempat yang strategis, bisa terlihat perbandingan terhadap banyaknya pelanggan berbelanja ke sebuah
Warung Sembako, akan terlihat jelas perbedaan antara yang berada di tempat strategis dan yang tidak. Nah, untuk produk seperti sembako ini, biasanya pasti konsumen mendatanginya. Artinya, bukalah tempat usaha yang mudah untuk dilihat, mudah untuk dicari,  dapat dijangkau oleh pengunjung namun jangan mencari tempat yang harga sewa atau rumahnya murah melainkan tempatnya haruslah yang strategis.

3.      Harga Jual
Pertimbangan konsumen dalam memilih berbelanja di sebuah tempat belanja sembako adalah harga, oleh karena itu kita harus bisa mengikuti harga pasaran namun tetap memperhatikan
Dalam mengambil keuntungan di atas dari harga modal dan produksi. Selain itu juga bisa membuat sedikit trik untuk mendapatkan ketertarikan dari konsumen terhadap barang dengan diskon. Karena biasanya untuk barang yang kualitas rendah akan sulit terjual dengan sedikit kreativitas kita bisa memberikan diskon terhadap barang sehingga pelanggan menjadi tertarik.
Jika suatu pengemasan produk sembako sama dengan yang lain, maka bisa dijual dengan harga yang lebih murah, meskipun keuntungannya relative lebih kecil.
Namun apabila suatu produk sembako dikemas dengan sangat menarik, hal ini bisa dijual dengan harga yang relative lebih tinggi. Semua hal ini sangat menentukan suatu produknya laku atau tidaknya.

4.      Pelayanan yang berbeda
Karena tingkat persaingan tinggi antar pengusaha sembako, kita harus bisa memberikan perbedaan dengan pengusaha lain. Pelayanan adalah salah satunya, kita bisa memberikan pelayanan yang berbeda dengan pengusaha lainnya. Misalnya dengan Pelayanan yang ramah kepada pelanggan dan memberikan harga yang lebih murah daripada para pesaing.

5.      Promosi dengan Baik 
     Dengan cara mempromosikan suatu produk sembako maka toko sembako kita dijamin akan banyak sekali pengunjungnya. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda  selalu menjual  dengan kejujuran. Promosikan dagangan Anda  dengan suatu kejujuran, karena hanya dengan inilah Anda  dapat mendongkrak suatu penjualan. Jika Anda  memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya Anda  mencetak suatu brosur agar terlihat bahwa toko Anda  itu lebih berbobot dan jual dengan sistem diskon dan lakukan pada akhir bular atau awal bulan. Semua ini akan sangat membantu untuk meningkatkan suatu penjualan produk sembako yang Anda  jual.
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
Web :

0 comments:

Posting Komentar