KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS :
DAGANG SEMBAKO
DI SUSUN OLEH :
TRIO KRISTIAN DAMANIK
NIM : 15.12.8479
KELAS :
15- S1 SI - 02
JURUSAN : S1 – SISTEM INFORMASI
JURUSAN S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016
Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208,
Link Menuju STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
BAB I
ABSTRAK
Tujuan saya membuat karya ilmiah
ini adalah untuk memberikan aspirasi kepada masyarakat indonesia khususnya anak
– anak muda entrepreneur generasi pengubah bangsa berikutnya. Karena dengan
kondisi Ekonomi Indonesia yang sekarang tidak stabil membuat banyaknya
pengangguran semakin bertambah, bahkan berdasarkan hasil laporan BPS di
Indonesia pada Agustus 2015 adalah sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu
orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,24 juta jiwa. Dengan
adanya seorang entrepreneur diharapkan dapat membuat sebuah lapangan pekerjaan
agar dapat mengurangi angka pengangguran tinggi di Indonesia.
Salah satu jenis bisnis yang
menjanjikan adalah Bisnis Berdagang Sembako. Karena dengan kebutuhan hidup yang
semakin tinggi maka seseorang membutuhkan cara yang cepat dan praktis untuk
mendapatkan kebutuhan tersebut sekalipun nilai/harga kebutuhan itu lebih tinggi
dari harga normalnya. Dengan adanya sebuah kesenjangan tersebut maka bisa
dijadikan kesempatan bagi entrepreneur muda untuk dapat bisnis berdagang
sembako tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
Sekalipun bisnis berdagang sembako
merupakan bisnis alternative dari bisnis utama yang telah ditentukan seseorang
jika gagal namun bisnis merupakan bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang
paling menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Bisnis dimulai dari yang
bermodalkan sedikit hingga dengan bermodalkan besar.
Dalam usaha bisnis sembako ini
sangat dibutuhkan kreatifitas yang baik agar produk yang ditawarkan berbeda
dengan yang lainnya sehingga membuat bisnis sembako ini sukses atau minimal
dapat menghasilkan pemasukan yang tetap.
Agar dapat menjadi seorang pengusaha
sembako yang sukses, maka ada baiknya hal – hal berikut ini bisa dijadikan
bahan pelajaran dan refrensi agar usaha tersebut dapat terus berkembang dan
sukses :
1.
Sembako
merupakan kebutuhan
ini yang merupakan menjadi poin
penting sekaligus motivasi bagi para pengusaha sembako, sembako adalah
kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Yang menjadi
masalahnya adalah dengan adanya poin penting ini apakah kita mampu menawarkan
barang yang menarik kepada pelanggan, maksudnya apakah barang kita tawarkan
memilikinilai jual yang tinggi sehingga pelanggan tersebut tertarik untuk
membelinya.
2.
Tempat
Strategis
Hal yang paling penting jika
memulai usaha berdagang adalah pemilihan tempat yang strategis, bisa terlihat
perbandingan terhadap banyaknya pelanggan berbelanja ke sebuah
Warung Sembako, akan terlihat
jelas perbedaan antara yang berada di tempat strategis dan yang tidak. Nah,
untuk produk seperti sembako ini, biasanya pasti konsumen mendatanginya.
Artinya, bukalah tempat usaha yang mudah untuk dilihat, mudah untuk
dicari, dapat dijangkau oleh pengunjung namun jangan mencari tempat yang
harga sewa atau rumahnya murah melainkan tempatnya haruslah yang strategis.
3. Harga Jual
Pertimbangan
konsumen dalam memilih berbelanja di sebuah tempat belanja sembako adalah
harga, oleh karena itu kita harus bisa mengikuti harga pasaran namun tetap
memperhatikan
Dalam mengambil
keuntungan di atas dari harga modal dan produksi. Selain itu juga bisa membuat
sedikit trik untuk mendapatkan ketertarikan dari konsumen terhadap barang
dengan diskon. Karena biasanya untuk barang yang kualitas rendah akan sulit
terjual dengan sedikit kreativitas kita bisa memberikan diskon terhadap barang
sehingga pelanggan menjadi tertarik.
Jika suatu pengemasan produk sembako
sama dengan yang lain, maka bisa dijual dengan harga yang lebih murah, meskipun
keuntungannya relative lebih kecil.
Namun apabila suatu produk sembako
dikemas dengan sangat menarik, hal ini bisa dijual dengan harga yang relative
lebih tinggi. Semua hal ini sangat menentukan suatu produknya laku atau
tidaknya.
4. Pelayanan yang berbeda
Karena tingkat persaingan tinggi
antar pengusaha sembako, kita harus bisa memberikan perbedaan dengan pengusaha
lain. Pelayanan adalah salah satunya, kita bisa memberikan pelayanan yang
berbeda dengan pengusaha lainnya. Misalnya dengan Pelayanan yang ramah kepada
pelanggan dan memberikan harga yang lebih murah daripada para pesaing.
5.
Promosi
dengan Baik
Dengan cara mempromosikan suatu produk sembako maka toko sembako kita dijamin akan banyak sekali pengunjungnya. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda selalu menjual dengan kejujuran. Promosikan dagangan Anda dengan suatu kejujuran, karena hanya dengan inilah Anda dapat mendongkrak suatu penjualan. Jika Anda memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya Anda mencetak suatu brosur agar terlihat bahwa toko Anda itu lebih berbobot dan jual dengan sistem diskon dan lakukan pada akhir bular atau awal bulan. Semua ini akan sangat membantu untuk meningkatkan suatu penjualan produk sembako yang Anda jual.
Dengan cara mempromosikan suatu produk sembako maka toko sembako kita dijamin akan banyak sekali pengunjungnya. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda selalu menjual dengan kejujuran. Promosikan dagangan Anda dengan suatu kejujuran, karena hanya dengan inilah Anda dapat mendongkrak suatu penjualan. Jika Anda memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya Anda mencetak suatu brosur agar terlihat bahwa toko Anda itu lebih berbobot dan jual dengan sistem diskon dan lakukan pada akhir bular atau awal bulan. Semua ini akan sangat membantu untuk meningkatkan suatu penjualan produk sembako yang Anda jual.
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
Web :
0 comments:
Posting Komentar