Jumat, 04 Maret 2016

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS : USAHA CAFE

6:57:00 PM Posted by Unknown No comments
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS :
USAHA CAFE


DI SUSUN OLEH :
TRIO KRISTIAN DAMANIK
 
NIM                :  15.12.8479
KELAS           :  15- S1 SI - 02
JURUSAN      :  S1 – SISTEM INFORMASI

JURUSAN S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016

Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208,


BAB I
ABSTRAK

Tujuan saya membuat artikel adalah untuk menginspirasi entrepreneur muda yang ingin membuka usaha Cafe agar dapat mengetahui bagaimana cara berusaha warung yang baik. Bisnis Cafe salah satu bisnis yang cukup menarik karena Cafe memberikan cara berbeda bagaimana menjual Kopi dengan cara berbeda. Memang tidak selalu kopi ada juga makanan lain yang menjadi pendukung penjualan di Cafe tersebut.

BAB II
ISI
Untuk cafe sendiri dibutuhkan sebuah tempat yang di jadikan untuk tempat aktiftas cafe itu sendiri. Cafe memiliki prospek yang sangat  bagus dan menjanjikan memang modal yang digunakan cukup besar namun keuntungannya cukup besar. Yang menjadi poin penting dalam berusaha Warung Kopi adalah pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan juga menu  yang terdapat di Cafe tersebut cara penyajian nya menjadi poin penting dalam kesuksesan Cafe itu sendiri.

Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memulai usaha Cafe :

1. Tempat atau Lokasi Penjualan
Tempat dan lokasi menjadi kunci penting Kemajuan dan Kesukesan Cafe, Cafe yang dapat dijangkau orang dan bersih dari sampah pasti akan banyak dikunjungi orang, Seperti dekat dengan lokasi perkantoran yang biasanya menjadi tempat istirahat orang kantoran.

2.  Menu Makanan
Jika usaha cafe anda termasuk cafe kecil-kecilan, maka tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu saja yang terpenting terjamin rasa dan kesehatannya. Anda juga dapat menambahkan menu tradisional yang di padukan dengan menu modern. Misalnya seperti pisang goreng.

3. Fasilitas Tambahan
Biasanya Cafe - Cafe pada umumnya memberikan fasilitas kepada pelanggan agar pelanggan itu sendiri betah berada di Cafe tersebut. Misalnya WiFi agar pelanggan bisa menikmati makanan dan minuman yang telah dipesan sambil browsing di internet.

4. Promosi Cafe Lewat Media Kabar dan Sosial
Agar Cafe tersebut ramai pengunjung tentunya melakukan promosi agar Cafe yang kita dirikan semakin rame dilakukan promosi pada media kabar dan sosial. Dengan memberikan promo dan harga yang agak murah agar pelanggan mulai datang ke Cafe kita. Jika Cafe Sudah ramai baru harganya kita naikan sedikit.

5. Pelayanan
Berikut ini adalah tips terakhir yang sangat penting yang harus anda lakukan yaitu memberi pelayanan yang sangat baik. And aharus bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Caranya yaitu anda harus bisa sopan, murah senyum, ramah, dan juga harus suka menyapa agar konsumen senang dan bisa menjalin keakraban.

BAB III
DAFTAR PUSTAKA
WEB :
1. http://seribupeluang.blogspot.com/2014/12/usaha-cafe-modal-kecil.html
2. http://bisnissampingan007.blogspot.co.id/2015/11/tips-membuka-usaha-warung-kopi-bisnis-modal-kecil.html

0 comments:

Posting Komentar